Welcome to our website!

Contact With Us:

86-0536-3295108

PRINSIP DASAR VENTILASI KANDANG AYAM BROILER

PRINSIP DASAR VENTILASI KANDANG AYAM BROILER

Sistem Ventilasi Kandang Ayam Broiler

Prinsip dasar ventilasi Kandang  adalah kebutuhan pasokan udara segar ke dalam kandang yang sangat penting untuk ketahanan hidup . Pasokan udara segar ini juga membantu mengurangi suhu ekstrem, kelembaban udara yang berlebihan dan kontaminasi udara ke batas toleransi untuk .

Peningkatan kualitas sistem ventilasi juga memungkinkan pengurangan biaya operasi peternakan  untuk kepadatan populasi  yang tinggi. Hal ini penting secara ekonomis karena mengurangi modal, biaya produksi dan biaya tenaga kerja.


Ayam Broiler

Ventilasi udara menghilangkan kelebihan panas, kelembaban, debu dan bau dari bangunan dan, pada saat yang sama, membantu mengurangi organisme pembawa penyakit dalam udara. Pada saat suhu dingin (misalnya pada musim hujan), sistem ventilasi yang dirancang dengan baik juga dapat menghemat konsumsi energi dengan memanfaatkan panas suhu tubuh  itu sendiri. Desain ventilasi yang tepat untuk unggas adalah seni tetapi dapat dikuasai oleh setiap bertekad dan bersedia petani unggas. Ini adalah sebuah tantangan, namun, karena rumah-rumah unggas yang berbeda dan kebutuhan ventilasi berubah dengan waktu, musim, suhu, kelembaban, angin, usia burung dan kepadatan. Publikasi ini membahas prinsip-prinsip umum ventilasi rumah unggas.

Prinsip Ventilasi

Sebagaimana telah dipaparkan sebelumnya, ventilasi

Sirkulasi Udara dalam Kandang Ayam Broiler

Sirkulasi Udara dalam Kandang Ayam Broiler

udara berguna untuk mengganti udara dalam kandang dengan udara segar dari luar kandang. Sirkulasi ini penting untuk menjaga suhu, kelembaban, serta bau-bauan (yang dapat ditimbulkan dari Amonia yang terbentuk dari dalam kandang) pada level yang masih dapat di toleransi. Jika udara tidak diganti, konsentrasi karbon dioksida, amonia dan gas berbahaya lainnya akan meningkat ke tingkat yang tidak dapat di toleransi. Tabel 1 adalah contoh tingkat kandungan gas maksimal yang masih bisa diterima.

Sistem Ventilasi

Sistem ventilasi secara umum dibagi menjadi dua jenis: (1) sistem aliran udara alami dan (2) pergerakan udara mekanik (menggunakan kipas angin atau blower). Karena berbagai kebutuhan ventilasi, dua sistem berbeda di atas seringkali dikombinasikan sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan kepada ayam broier dalam berbagai kondisi iklim dengan biaya minimum.

Contoh Sistem Ventilasi Mekanik

Contoh Sistem Ventilasi Mekanik

Sekarang kita telah mendaptkan gambaran besar tentang prinsip dasar dan kegunaan sistem ventilasi. Bagaimana perancangan sistem ventilasi yang baik? Pembahasan lebih lanjut mengenai jenis-jenis sistem ventilasi akan disampaikan dalam posting tersendiri.

Hits:    【Print